Sukseskan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) Bulan Oktober

Wonokerto – Negara Indonesia merupakan negara tropis, yang dirasa masih sangat rentan terhadap penyakit kaki gajah (filariasis). Pemerintah berupaya mewujudkan Indonesia bebas dari penyakit kaki gajah (flariasis) tahun 2020 melalui Kementrian Kesehatan RI. Program pencegahan dan pengendalian kaki gajah dinamakan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA). Program ini diadakan setiap bulan Oktober dari tahun 2015-2020. Upaya yang dilakukan berupa Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM).

Kaki gajah (filariasis) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Flariasis bersifat menahun (kronis), dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Akibatnya penderita tidak dapat beraktivitas dengan optimal bahkan hidupnya akan bergantung selalu pada orang lain sehingga menjadi beban keluarga, masyarakat dan Negara.

Dibawah pimpinan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wonokerto yaitu ibu Hj. Siti Alimah bersama kader – kadernya telah dan akan mengadakan program BELKAGA pada tanggal 21 Oktober 2020 di semua Pos di Desa Wonokerto yang terbagi atas Lima Pos lokasi. Sebelum aktivitas Kegiatan ini dimulai Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wonokerto bersama kader – kadernya mengadakan senam pagi bersama untuk menambah semarak program BELKAGA yang ada di Desa Wonokerto ini.

Dengan membuka pendaftaran dengan mendata nama, usia, dan pengecekan kepala keluarga. Kemudian dilakukan cek tensi darah, jika tekanan darah tidak normal maka tidak akan diberikan obat oleh panitia, sebaliknya jika tekanan darah normal maka obat akan diberikan dan harus diminum pada saat itu juga.

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu mencegah sehingga mengurangi penderita penyaikit kaki gajah (flariasis) atau bahkan bebas dari penyakit tersebut. Oleh karena itu, POPM sangat penting dilakukan untuk wilayah sasaran pemerintah seperti Desa Wonokerto. Semua orang berusia 2-70 tahun wajib minum obat pencegah penyakit kaki gajah; kecuali bagi ibu hamil, dan orang yang sedang sakit berat.

Untuk dapat menarik kegiatan tersebut oleh warga masyarakat berjalan lancar, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wonokerto yaitu ibu Hj. Siti Alimah bersama kader – kadernya berinisiatif dengan adanya Doorprize berhadiah dengan syarat obat yang diberikan oleh panitia harus langsung diminum pada saat itu juga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan