Desa Wonokerto Lestarikan Budaya, Melalui Alat Musik Gamelan

Desa Wonokerto Lestarikan Budaya, Melalui Alat Musik Gamelan

Wonokerto – Seiring dengan perkembangan  jaman dan kemajuan teknologi serta masuknya budaya dari luar negeri yang demikian cepat lewat media – media informasi baik cetak maupun elektonik memberi dampak yang sangat besar  pada kehidupan masyarakat.

Dampak yang ditimbulkan didalam salah satu bidang terutama sosial dan budaya adalah dengan berkembangnya budaya asing sehingga budaya lokal seperti gotong-royong dan kesenian tradisional semakin menghilang dalam masyarakat.

Untuk kembali mebangkitkan budaya lokal salah salah satunya adalah kesenian tradisional gamelan Pemerintah Desa Wonokerto Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak memfasilitasi  seperangkat alat musik gamelan lewat pembiayaan dari Dana Desa.

Agar pelatihan kesenian gamelan berjalan dengan baik pihak Pemerintah Desa Wonokerto berkoordinasi dengan Karang Taruna Desa  dalam melaksanakan kegiatan latihan belajar alat musik gamelan, Kegiatan belajar alat musik gamelan ini di adakan di Aula Balai Desa Wonokerto tersebut rutin diadakan setiap malam senin yang diikuti pemuda – pemudi serta anak-anak.

Bicara gamelan bukan hanya sebuah seni budaya dari lantunan musik irama yang dihasilkan, akan tetapi mengandung sebuah pesan. Alat – alat gamelan dan para pemainnya beragam, menyadarkan kita arti kebersamaan tanpa melihat perbedaan, menjaga keselarasan dan persatuan yang terpatri sehingga menghasilkan alunan atau karya yang indah. Alunan suara yang cenderung lembut, mengingatkan kita agar selalu berperilaku lembut, welas asih kepada sesama.

Harapan yang ingin dicapai dalam rangka pelaksanaan pelatihan kesenian gamelan adalah untuk melestarikan kesenian tradisional dan akan membentuk generasi yang dapat mencintai kesenian tradisional dibadingkan kesenian dari luar negeri.

Desa Wonokerto Lestarikan Budaya, Melalui Alat Musik Gamelan Desa Wonokerto Lestarikan Budaya, Melalui Alat Musik Gamelan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan