Tasyakuran Sedekah Bumi & Hari Jadi Ke – 193 Desa Wonokerto

Wonokerto – Masyarakat Desa Wonokerto , Kecamatan Karangtengah, Demak, menggelar acara  Tasyakuran Sedekah Bumi & Hari Jadi Desa Wonokerto Ke – 193 , Senin (13 Juli 2020). Sedekah Bumi merupakan ritual budaya yang dilaksanakan setiap bulan apit (apitan) dalam penanggalan jawa ini, sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta dan Hari Jadi Desa Wonokerto Ke – 193 merupakan hari yang disepakati/ ditetapkan menjadi hari jadi desa wonokerto pada tanggal 14 Juli 1827 berdasarkan Musyawarah Desa pada tanggal 08 April 2017 dalam rapat Pembentukan lembaga adat.

Tradisi tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya yang adanya kirab gunungan,  arak – arakan empat gunungan yang beraneka buah dan sayuran hasil bumi. Pada tahun ini dilakukan secara sederhana dengan menyelenggarakan acara selamatan yang di hadiri Pemerintah Desa, tokoh agama, kelembagaan desa, serta perwakilan 5 tokoh masyarakat per RT.

Kegiatan tersebut di selenggarakan di halaman rumah Bp. Kepala Desa Wonokerto ( H. Bambang Untoro ) dengan tetap mematuhi protokoler seperti memakai masker, cek suhu badan, Pemberian handsanitizer, serta jaga jarak.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan