POSBINDU Desa Wonokerto Saatnya Beraksi “CERDIK” Untuk Cegah PTM dan Masalah Kesehatan Jiwa

Wonokerto – POSBINDU Desa Wonokerto Saatnya Beraksi “CERDIK” untuk cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Masalah Kesehatan Jiwa yang  diselenggarakan pada tanggal 21 September 2019 di Aula Balai Desa Wonokerto Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.

Masyarakat Desa Wonokerto khususnya yang berumur diatas 17 tahun sampai dengan lansia yang sangat antusias untuk memeriksakan kesehatannya melalui kegiatan ini. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat Desa Wonokerto agar tahu akan pentingnya kesehatan dan penyakitnya.

Dalam kegiatan Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) bertujuan untuk membudayakan perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Beraktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori berimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola Stress), serta Deteksi Dini faktor resiko Penyakit tidak menular.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah kelompok masyarakat sehat ,beresiko dan penyandang PTM atau sasaran dengan range 17 tahun keatas . PTM sendiri adalah mengendalikan faktor resiko pada kondisi normal untuk mencegah timbulnya komplikasi PTM, dengan melakukan antara lain :

 

  • Melakukan wawancara untuk menggali informasi faktor resiko keturunan dan perilaku .
  • Melakukan penimbangan dan mengukur lingkar perut
  • Melakukan pengukuran tekanan darah
  • Melakukan pemeriksaan gula darah
  • Melakukan pengukuran kadar lemak

Sebagai langkah awal dari terbentuknya POSBINDU petugas kesehatan harus selalu mendampingi kader posbindu dalam pelaksanaanya sampai kader posbindu dapat melaksanakan tugasnya secara mandiri terutama dalam melakukan pengukuran tekanan darah ,pengukuran IMT, serta kader mampu melakukan pencatatan ,pelaporan dan rujukan.

Didesa Wonokerto yang berperan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Ibu Ketua TP PKK desa Hj. Siti Alimah yang dibantu oleh kader kadernya dan didukung oleh bapak kepala desa yaitu H. Bambang Untoro semoga apa yang dicita citakan oleh desa Wonokerto akan semakin maju dalam menciptakan Wonokerto “Seger Waras” (Semua Gerak Warga Aman Sejahtera)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan